Selasa, 27 Januari 2015

Menyusun Laporan Keuangan

Laporan Keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan atas transaksi-transaksi  keuangan yang  terjadi selama tahun buku  yang bersangkutan. Laporan keuangan yang disusun oleh manajemen terdiri  atas:
a.       Laporan Laba Rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Laporan laba rugi ada 2 bentuk:
1)      Bentuk multiple step (bertahap) : bentuk laporan laba rugi yang mengelompokan pendaptan dan biaya ke dalam urutan-urutan tertentu sehingga bias diketahui  penghasilan.
Contoh: laba bruto, penghasilan usaha bersih, penghasilan bersih sebelum pajak, penghasilan bersih sesudah pajak.
2)      Single step : tidak dilakukan pengelompokan pendapatan dan biaya ke dalam kelompok usaha dan di luar usaha. Contoh: Pendapatan dan laba, biaya dan kerugian.
b.      Laporan Perubahan Modal: laporan yang menunjukan sebab-sebab berubahnya komposisi ekuitas/modal perusahaan. RUMUS:
·         Bila perusahaan mengalami laba:
Ekuitas akhir = Ekuitas Awal +Laba – Dividen/Prive
·         Bila perusahaan mengalami rugi:
Ekuitas Akhir = Ekuitas Awal – Rugi – Divinden/Prive
c.       Neraca adalah laporan yang menunjukakan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu laporan ini terdiri atas akun-akun Aset, Kewajiban, dan Ekuitas.
d.      Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung adalah laporan yang menunjukkan keluar masuknya kasa dalam satu periode. Dibagi menjadi 3 aktivitas:
1)      Arus kas dari aktivitas operasi, terdiri dari:
·         Laba/rugi periode berjalan
·         Kenaikan/penurunan asset lancer dan kewajiban lancer
2)      Arus kas dari kativitas invetasi, terdiri dari:
·         Pembelian aset tetap
·         Penjualan aset tetap
·         Investasi di unit usaha lain
3)      Arus kas dari aktivitas pendanaan, terdiri dari:
·         Penjualan saham
·         Pemecahan saham
·         Pinjaman dana dari bank
e.      Catatan atas Laporan Keuangan yaitu berisi catatan-catatan penting yang menjelaskan tentang angka-angka yang ada di laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *